Tips agar Bisnis Online Tetap Jalan kala Social Distancing

 Tips agar Bisnis Online Tetap Jalan kala Social Distancing


Dengan terus bertambahnya masalah virus Corona, imbauan untuk jalankan social distancing pun semakin digalakkan. Orang-orang pun jauhi jalankan kegiatan di luar rumah. Sekolah diliburkan sementara, begitu pula dengan lebih dari satu besar kantor yang mulai menerapkan work from home (WFH). Dengan kebebasan yang cukup terbatas di kala social distancing ini, bagaimana cara bisnis online sanggup selalu produktif ya? 


Pandemi Covid-19 sebenarnya cukup berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Walaupun demikian, bekerja dan berbisnis dari tempat tinggal bukannya artinya sanggup santai-santai. Bisnis sudah pasti selalu perlu berjalan dengan efisien agar sanggup bertahan. Apalagi bagi bisnis online, era social distancing ini sanggup jadi kesempatan untuk mengoptimalkan strategi bisnis. Berikut lebih dari satu tips yang sanggup dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memastikan bisnis online-nya selalu produktif.


Baca juga: Ide Bisnis di Rumah yang Bisa Kamu Mulai


Komunikasikan Kebijakan dengan Jelas Tips Jualan Online bagi Pemula

Beradaptasi dengan kehidupan work from home sebenarnya jadi tantangan sendiri bagi banyak bisnis. Pasalnya, pekerjaan yang tadinya sanggup dikomunikasikan dan dibahas secara langsung kini perlu dilakukan melalui chat, telepon, atau video call. Padahal, dalam era era layaknya ini menjaga produktivitas terlalu penting.


Agar bisnis online-mu sanggup selalu produktif, tentukan kebijakan work from home yang tahu bagi seluruh karyawan. Buat kesepakatan perihal ketetapan check-in/check-out, platform apa yang bakal digunakan selama work from home, jam kerja, rangkaian komunikasi, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk jauhi terjadinya miskomunikasi yang sanggup menghindar produktivitas bisnis. 


Pastikan Komunikasi Lancar Jualan Online Sukses Untuk Pemula

Selanjutnya, pastikan komunikasi dalam tiap tim berjalan lancar. Saat bekerja dari tempat tinggal masing-masing, kadang kala ritme kerja sanggup terganggu. Apalagi, seluruh komunikasi dilakukan secara online agar hal-hal mutlak sanggup saja tertimbun dengan banyaknya pesan yang masuk.


Untuk jauhi ini, anda sanggup coba untuk mensentralisasi proses komunikasi dalam satu platform yang sanggup diakses dengan agar setiap orang sanggup memandang update, percakapan, dan lain-lain. Selain itu, cara ini termasuk sanggup menghemat waktumu untuk jalankan sesuatu yang lebih produktif daripada berpindah-pindah dari platform chat yang satu ke yang lain.


Proaktif, Bukan Reaktif

Di era krisis layaknya ini, yang mutlak untuk diingat adalah untuk pro aktif dan bukan reaktif. Sebagai pebisnis, anda perlu sanggup perlihatkan kemampuanmu untuk memimpin dan mengakibatkan keputusan. Atur lagi prioritas, perencanaan, dan strategi sebagai antisipasi. 


Jika tersedia perencanaan atau kegiatan yang perlu dibatalkan ataupun ditunda karena wabah Covid-19 ini, langsung cari alternatif lain. Misalnya, kalau anda tadinya inginkan mengadakan event peluncuran product baru, anda sanggup mengadakan launching secara online, apabila di media sosial atau web toko online milikmu. 


Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Hal ini sanggup dilakukan dengan cara selalu berikan update apabila perihal ketersediaan produk, promo, ataupun product baru baik melalui media sosial, email newsletter, dan lain-lain. Bisa termasuk dengan memberikan fitur live chat pada web jualan online agar pelayanan lebih mudah. Intinya, jangan sampai anda jadi jadi kehilangan customer karena tidak punyai metode komunikasi yang baik dengan pelanggan maupun calon pembeli. 


Mengoptimalkan Digital Presence

Dengan adanya social distancing, orang-orang jadi lebih banyak menggunakan waktunya secara online. Oleh karena itu, anda perlu sanggup mengoptimalkan kehadiran digital atau digital presence dari bisnismu. 


Misalnya, kalau pada mulanya anda sekadar berbisnis melalui media sosial, anda sanggup mengakibatkan web toko online. Mengapa mutlak sekali untuk mengakibatkan web toko online? Pertama, dengan membawa website, calon customer atau customer bakal lebih mudah untuk mendapatkan product ataupun jasamu. Selain itu, web jualan online termasuk sanggup membantumu raih obyek audiens yang lebih luas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat dan Cara Daftar Rekrutmen Bintara PK TNI AL untuk Lulusan SMA-S1

Bagaimana Mendirikan Perusahaan di Indonesia Menjadi Lebih Besar dan Lebih Kuat?

Memahami SEO